Dirjen Dukcapil Ingatkan Masyarakat Tentang Pentingnya Akta Lahir

Priangan.org – Negara perlu melindungi dan beri tambahan pengakuan atas standing pribadi dan standing hukum terhitung kepada anak-anak. Mengakibatkan akta kelahiran, itu bentuk pemberian dan pengakuan negara pada standing hukum. Anak perihal bukti diri julukan, daerah dan lepas lahir, siapa orang tuanya dan juga kewarganegaraannya.

Menurut Dirjen Dukcapil Kementerian Di dalam Negeri, Prof. Zudan Arif Fakrulloh, anak yang tidak miliki akta kelahiran tidak cukup terlindungi keberadaannya, era depannya, dan sulit membuka pelayanan publik.

Anak pun menjadi rentan tindakan kriminal, di antaranya perdagangan orang dan perkawinan di bawah umur.

Dirjen Dukcapil Ingatkan Masyarakat Pentingnya Akta Lahir

Berdasarkan Pasal 5 dan 27 UU No. 23 Tahunan 2002 berkaitan Pertolongan Anak, tiap tiap anak berhak atas sebuah sebutan sebagai bukti diri diri dan standing. Kewarganegaraan yang dituangkan di dalam akta kelahiran.

“Saya mengajak seluruh pihak peduli akan pentingnya akta kelahiran ini. Ayo para orangtua &Nbsp;Buatkan akta kelahiran anak kami langsung sesudah lahir. Syarat nya memadai membawa surat keterangan lahir berasal dari tempat tinggal sakit atau bidan. Buat ibu yang melahirkan di tempat tinggal membawa keterangan Rt/Rw setempat,” kata Dirjen Zudan di Jakarta, Kamis (2/9/2021).

Akta kelahiran dibuat di Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota. Unit Pelaksana Tekhnis (Upt) Dinas Dukcapil Kecamatan atau desa/kelurahan, dan area lain yang melayani urusan kependudukan dan pencatatan sipil.

Seorang anak tidak perlu dibuatkan akta kelahiran di domisili orang tua, yaitu daerah si anak didaftarkan sebagai anggota Kk.&Nbsp;

Dukcapil memberi tambahan pelayanan terintegrasi, pemohon minta satu dokumen bisa sanggup tiga apalagi enam dokumen sekalgus.

Untuk pemohon akta lahir, tak sekedar mendapat akta kelahiran anak, sekaligus diberikan KK dan Kartu Bukti diri Anak (Kia). “

See also  7 Bagian Tubuh Hewan Termahal di Dunia Harganya Sangat Fantastis!

Pentingnya Akta Kelahiran

Dirjen Zudan mengaku benar-benar prihatin, karena masih ada beberapa anak Indonesia. Perutama di wilayah timur Indonesia yang identitasnya tidak tercatat di dalam akta kelahiran.

Dengan begitu, secara de jure keberadaan si anak diakui tidak ada. Lebih miris lagi implikasi hukumnya, yakni anak yang lahir itu tidak tercatat julukan, silsilah, dan kewarganegaraannya.

“Semakin banyak anak yang tidak dicatat kelahirannya didalam akta kelahiran. Maka semakin banyak pula anak yang tidak terlindungi keberadaannya,” tukas Dirjen Zudan.

Lebih jauh lagi, Direktur Pencatatan Sipil Handayani Ningrum beri tambahan klarifikasi Dirjen Dukcapil.
Yakni, bila masyarakat tidak miliki surat keterangan kelahiran berasal dari tempat tinggal sakit atau bidan, tidak usah waswas gara-gara bisa diganti dengan. Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (Sptjm).

Baca Juga: Alasan Reksadana Tepat Menjadi Dana Darurat

Formulir SPTJM berasal dari Dinas Dukcapil setempat diisi si pemohon untuk menjamin kebenaran data kelahiran sang anak.

SPTJM ditandatangani pemohon berikut dua orang saksi. “Begitu juga jika pemohon tidak mempunyai buku nikah/kutipan akta perkawinan orang tua sang anak, tapi standing interaksi orang tua.

didalam kartu keluarga (Kk) udah memperlihatkan sebagai suami istri, maka pemohon juga bisa mengakibatkan. SPTJM atas kebenaran data dengan diketahui dua orang saksi,” kata Ningrum.

Kemudian, bagaimana bila sang anak tidak diketahui asal-usul atau keberadaan orang tuanya? Di dalam Perpres No. 96 Th 2018 perihal.

Baca Juga: 7 Bagian Tubuh Hewan Termahal di Dunia Harganya Sangat Fantastis!

persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Rakyat dan Pencatatan Sipil, hal yang demikian udah diatur. Akta kelahiran tetap bisa dibuat berdasarkan kabar acara berasal dari kepolisian.

“Apabila kabar acara itu tidak ada, sanggup diganti dengan SPTJM kebenaran data kelahiran.

See also  Ingin Tekanan Darah Anda Stabil ? Konsumsi 5 Makanan Berikut Ini

Anak itu bisa masuk anggota KK pengurus panti asuhan, atau KK orang lain yang bersedia. Dengan demikian, tidak ada seorang anak yang tidak bisa meraih akta kelahiran,” kata Ningrum.

Penutup

Terimkasih buat teman seluruh yang udah datang kewebsite kita semoga kabar yang sudah di ulas. Di atas bisa berfungsi buat teman seluruh.

Check Also

Alasan 44 Peserta UTBK SBMPTN di Unsika Karawang Dinyatakan Gugur

  Priangan.org – Hallo Sobat Priang. Sebanyak 44 peserta udah dinyatakan gugur di di dalam Ujian Tulis Berbasis Komputer (Utbk), Seleksi Bersama dengan dengan Masuk Perguruan Tinggi Negeri (Sbmptn) di Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) pada hari pertama aplikasi, Selasa (17/5/22). Puluhan peserta itu dinyatakan gugur gara-gara tidak hadir di dalam aplikasi Utbk Sbmptn pada sesi [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.